Jumat, 02 Juni 2017 15:56:54 WIB


Liputan6.com, Jakarta Bila Anda hobi bercocok tanam namun tak memiliki halaman yang cukup luas, area jendela bisa dijadikan pilihan. Ubahlah jendela yang tadinya polos menjadi taman mungil.

Window garden merupakan tanaman yang diletakkan pada kotak di luar jendela. Anda pun bisa menanam berbagai jenis tanaman, seperti bunga hingga tanaman bumbu.

Siapkan kotak

kusen jendela akan menjadi lokasi penempatan kotak. Biasanya kotak tanaman menggunakan kotak kawat dan kotak kayu. Setelah itu, Anda harus menambahkan pot mungil yang ukurannya lebih kecil dari kotak sebagai wadah tanaman.

Perhatikan ukuran kotak

Anda harus mematikan kekuatan struktur kotak yang digunakan. Pastikan kotak tanaman cukup kuat dan terpasang sempurna ke dinding agar tak mudah jatuh atau rusak.

Sesuaikan beratnya tanah dan tanaman yang akan ditempatkan di dalam kotak. Lalu, sesuaikan desain kotak dengan desain rumah Anda.

Memilih tanaman

Tanaman di jendela biasanya akan sering terpapar sinar matahari, untuk itu sebaiknya Anda memilih tanaman yang tahan panas. Berbagai jenis katkus, akan terlihat cantik jika diletakkan di window garden.

Alternatif lainnya, Anda bisa memilih tanaman yang tak terlalu tinggi sekaligus tidak terlalu kecil. Misalnya, Anda bisa memilih tanaman english ivy, petunia, atau philodendron.

Perhatikan sisi rumah

Tanaman herbal dan tanaman sayur biasanya tidak cocok jika terlalu terpapar sinar matahari terik. Jadi perhatikan sisi terbaik di rumah untuk menanamnya. Pilihlah area yang sinar mataharinya tak terlalu panas namun tetap mendapatkan sinar pada pagi atau sore hari.

Merawat window garden

Seperti layaknya tanaman di area lainnya, window garden juga membutuhkan perhatian Anda agar tetap tahan lama dan berbunga. Pastikan tanaman tidak terlalu bertumpuk agar semuanya terpapar sinar matahari.

Lalu, pangkaslah tanaman saat sudah mulai menjuntai - karena tanaman yang sangat rimbun beresiko membuat dinding menjadi cepat kotor dan terlihat kumuh.

Selain itu, pastikan tidak ada lumut, rumput liar, atau tanaman liar lainnya di sekitar tanaman karena akan membuat tanama utama susah mendapatkan makanan utamanya.

Keterbatasan lahan membuat ukuran rumah makin kecil. Alih-alih membeli rumah kecil yang jauh dari tengah kota, tak ada salahnya Ada mulai mempertimbangkan apartemen. Keunggulannya, apartemen terletak di tengah kota sehingga Anda tak perlu membuang waktu saat pergi maupun pulang kantor.